Sabtu, 10 September 2011

New Activity as a Finance

Bekerja sebagai seorang finance atau keuangan butuh otak ekstra. ga bisa santai santai kaya dipantai.. pagi2 dateng kekantor lansung buka komputer, file pertama yang harus dibuka adalah ''KAS''. liat-liat sisa uang yang ada trus baru dah liat daftar utang yang harus dibayar..kalo ada utang yang udah mau jatuh tempo truz uang juga cukup, buatin dah cek GIRO.. nah ini yang paling ngeri jadi seorang finance. ga bleh salah sedikitpun nulis di cek. ga boleh ada coretan ataupu penebalan tulisan. nomer yang ada di cek kudu urut sesuai tanggal jatuh tempo dari yang paling duluan.. udah selesai dibuatin GIRO masukin dah dat ke buku yang udah disiapin buat data cek yang udah dibuat..ini juga kudu urut.. nah kalo bos besar datanng tinggal minta dah tu tanda tangannya,, baru di bayar.

bikin cek giro kelar tapi tugas belum kelar, lanjut harus cek transaksi yang udah dilakukan via BANK hari sebelumnya sampai saat pengecekan.. masukin data transaksi ke kas BANK, trus dokumen-dokumen yang menyangkut transaksi itu dikumpulin secara urut didalam satu bindex. cuma yang jadi masalah dalam hal ini adalah data transaksi dari bank terkadang cuma berupa kode. nah tugas kita kudu nerjemahin kode itu dari jumlah transaksi yang dilakukan.. pusing ga tuh..??

selain kerjaan diatas masih banyak tugas yang kudu dilakukan dalm sehari terutama kalo ada dokumen pembayaran yang masuk.. tugas kita buatin voucher pembayaran. slip setoran sama cek GIRO kalo via bank. trus fotocopy faktur pajak dan yang asli masukin ke satu bindex, fotocopy faktur penjualan atau invoice nama kerennya mah,, kasih fotocopian ke bagian accounting..trus terkhir input dah data di AP(data utang)..

Ga cuma itu, saat kita ngerjain tugas2 diatas, pasti ada aja transaksi tunai yang berlangsung juga yang harus lebih didahulukan karna datanya harus dimasukin ke Kas yang harus di tutup setiap sore. ntah itu yang kasbon lah atau pembelian2 sgala macam untuk keperluan kantor.. truz kalo ada utang dari pihak lain ke kita yang udah mau jatuh tempo harus kita telpon atau kabarin, minta supaya harus cepat dibayar. butuh ketegasan dan ga ada kata ga enak-ga enak buat nagih utang orang,

Jadi, pada intinya untuk mau pulang lebih awal kayanya susah. coz, semua transaksi dalam sehari harus kita pantau sampai kita nutup kas harian pukul 5 sore. baru dah bisa pulang!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar